Beranda

Wabup Arifin:

BAZNAS Akan Disinergikan Dengan Program GERTAK

Admin | Sabtu, 18 Februari 2017 - 08:58:47 WIB | dibaca: 318 pembaca

Wabup Arifin

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc., telah secara resmi mengukuhkan pimpinan BAZNAS Kabupaten Trenggalek periode 2016-2021 di Pendopo Manggala Praja Nugraha, Kamis (16/2). Sebagai langkah awal BAZNAS di Kabupaten Trenggalek akan memaksimalkan sektor aparatur sipil negara (ASN). Melalui BAZNAS diharapkan menumbuhkan kesadaran masyarakat dengan dimulai oleh ASN untuk mentasarufkan sebagaian penghasilannya.

Menurut Wakil Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin yang dalam beberapa waktu terakhir tak kenal lelah dalam mensukseskan program GERTAK (Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan) melalui musyawarah desa, bahwa dengan adanya BAZNAS tentu sejalan dengan program tersebut. Dikonfirmasi usai pengukuhan, Wakil Bupati termuda versi MURI tersebut mengatakan bahwa pengukuhan BAZNAS sekaligus sosialisasi bahwa BAZ (Badan Amil Zakat) disinergikan dengan program GERTAK.

“Sasaran pertama harapan kami yang mau menasarufkan dulu ke BAZNAS ini adalah PNS, karena kalau abdi masyarakat saja belum ngasih contoh bagaimana nanti kita mau mengajak masyarakat untuk bergotong royong mengentaskan kemiskinan yang dananya lewat dana BAZ ini,” ungkap Wabup Arifin.

Selain itu, Wabup Arifin juga menceritakan tentang langkah-langkah yang dilakukan, terkait bagaimana membentuk lembaga BAZ yang akuntabel. “Jadi kami nanti ingin diaudit setiap tahun, laporan keuangan kami, aktivitas kami, sehingga harapannya kita wajar tanpa pengecualian (WTP) artinya kita benar-benar amanah,” tuturnya.

Dalam acara pengukuhan pimpinan BAZNAS Kabupaten Trenggalek tersebut, Wabup Arifin juga sekaligus mengajak Bupati Emil bersama dirinya untuk mengawali komtimen untuk mentasarufkan sebagian dari penghasilan kepada BAZNAS. Begitu juga dengan beberpa pejabat seperti Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek dan juga Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Trenggalek. (Humas)