Beranda

Emil Dardak Sampaikan Nota Keuangan APBD Tahun 2018

Admin | Senin, 09 Oktober 2017 - 07:30:17 WIB | dibaca: 17 pembaca

Trenggalek, Jumat (6/10/2017)

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc., menyampaikan Nota Keuangan Ranperda APBD tahun 2018 dalam sidang paripurna DPRD Kabupaten Trenggalek, Jum'at (6/10/2017).

 

Dalam sidang yang dihadiri oleh 35 anggota DPRD, Forkopimda, segenap pimpinan OPD serta tamu undangan lainnya ini, Bupati Emil menegaskan bahwa APBD tahun 2018 akan lebih berpihak terhadap masyarakat.

 

Disampaikan oleh Bupati Emil bahwa APBD tahun 2018 merupakan tahun ketiga pemerintahannya bersama Wakil Bupati H. Moch. Nur Arifin di Kabupaten Trenggalek. "Memasuki tahun ketiga ini tentunya akami akan semakin meningkatkan kualitas pemerintahan kita," ungkapnya.

 

"Dalam APBD tahun 2018 nanti kami akan mendorong pembangunan ekonomi berbasis ekonomi komparatif yang tinggi, pembangunan SDM dan gotong royong, maupun mendorong terciptanya tatakelola keungan yang baik. Selain itu kami juga akan berupaya maksimal meningkatkan profesionalitas kinerja Aparatur Sipil Negara, melakukan penerapan e-goverment, penghematan maupun upaya-upaya maksimal lainnya," tuturnya menambahkan.

 

Penyususunan APBD ini tentunya mengacu para dokumen KUAPPAS yang telah dibahas sebelumnya, serta menyesuikan dengan kebijakan strategis pembangunan Pemerintah Pusat maupun Provinsi Jawa Timur.

 

Sedangkan nota keuangan Ranperda APBD ini tentunya tidak lepas dari kebijakan keuangan Daerah dalam pembangunan. Sehingga susunan keuangan APBD tidak lepas dari Pendapatan Asli Daerah.

 

Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Trenggalek terdiri dari pajak retribusi, bagi hasil penyertaan modal maupun pendapatan-pendapatan lainnya. Dalam pendapatan ini Pemerintah telah berupaya keras menggali dan memaksimalkan potensi-potensi yang ada unyuk meningkatkan PAD, sepertihalnya dengan menggali secara maksimal potensi pariwisata, retribusi dari transaksi-transaksi perdagangan maupun potensi lainnya.

 

Sedangkan terkait kebijakan belanja Pemerintah Daerah pada APBD tahun 2018 sendiri dititik beratkan pada pembangunan masif yang tentunya berpihak terhadap masyarakat. (Humas)