Beranda

Trenggalek Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha Kategori Lalu Lintas Tahun 2016

Admin | Kamis, 02 Februari 2017 - 19:38:25 WIB | dibaca: 226 pembaca


Tahun 2016, Kabupaten Trenggalek kembali meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha dalam kategori lalu lintas untuk yang ketiga kalinya. Penghargaan dari Direktorat Jendral Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan ini diterima langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Trenggalek, Sigid Agus Hari Basoeki, SH, M.Si Selasa (31/1/2017) mewakili Bupati Trenggalek kemarin di Jakarta.

Kabupaten Trenggalek mendapatkan penghargaan Wahana Tata Nugraha ini karena dinilai Kementerian Perhubungan berhasil menyelenggarakan sistem transportasi Perkotaan dengan baik di tahun 2016.

Selain itu Trenggalek dinilai mampu membangun dengan baik dalam mewujudkan budaya keamanan dan keselamatan serta meningkatkan kinerja penyelenggaraan operasional sistem transportasi perkotaan. Serta dinilai mampu mengajak peran serta masyarakat dalam meningkatkan sistem transpotasi perkotaan dan angkutan kota yang tertib, lancar, selamat, aman, efisien dan berkelanjutan serta menjamin ekuitas hak pengguna jalan.

Pemberian penghargaan oleh Kementerian Perhubungan ini melalui beberapa tahapan penilaian. Mulai dari penilaian administrasi yang meliputi, perencanaan, pendanaan, kelembagaan, SDM, angkutan, prasarana, lalu lintas maupun lingkungan.

Selain penilaian administrasi juga ada penilaian teknis dan penilaian komitmen atau political will atas kebijakan pemerintah daerah dalam mengembangkan dan pembangunan transportasi perkotaan.

Diharapkan oleh Kementerian Perhubungan, Kabupaten/Kota yang mendapatkan penghargaan ini tetap konsisten meningkatkan kualitas penyelenggaraan transportasi di kawasan perkotaan yang handal dan berkelanjutan, untuk menjaga dan menjamin kesamaan hak pengguna jalan, serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam disiplin berlalu lintas, guna menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Penghargaan ini diserahkan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Irjen Pol (Purn) Drs Pudji Hartanto Iskandar, M.M, Selasa Kemarin. (Humas)