Guna Tanggulangi Kemiskinan Daerahnya, Pemkab Ngawi Studi Tiru ke TKPKD Trenggalek

Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Trenggalek, hari ini (27/05), mendapatkan tamu dari Kabupaten Ngawi. Kunjungan ini dalam rangka melakukan studi tiru upaya pengentasan kemiskinan yang ada di Kabupaten Trenggalek. Kunjungan ini diterima langsung oleh Wakil Bupati Trenggalek Syah Muhamad Natanegara di Smart Center Kabupaten Trenggalek.

Dalam sambutannya, beliau memaparkan perilhal salah satu inovasi unggulan Kabupaten Trenggalek dalam penanganan kemiskinan yakni Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan atau GERTAK. Inovasi yang digagas oleh Bupati Mochamad Nur Arifin ketika masih menjabat sebagai Wakil Bupati Trenggalek sejak tahun 2017 lalu ini bukan sekedar program tetapi merupakan gerakan sehingga diharapkan ada gotong royong dari banyak pihak. Beliau juga menyampaikan bahwa program GERTAK ini terus mengalami perkembangan sehingga dengan adanya kunjungan ini dapat menjadi salah satu bentuk evaluasi agar kedepannya dapat lebih optimal. Sebagai penutup beliau berharap dengan adanya pertemuan ini dapat memunculkan kerjasama kedepannya guna meningkatkan ekonomi kedua daerah.

Menanggapi sambutan dari Wabup Trenggalek, Wabup Ngawi menyampaikan apresiasi atas penanganan kemiskinan Trenggalek yang dianggap memiliki capaian kinerja yang semakin baik dari tahun ke tahun. Hal ini lah yang kemudian menjadi dasar beliau untuk menjadikan GERTAK sebagai rujukan upaya penanganan kemiskinan di daerahnya. Beliau menilai bahwa GERTAK sangat aplikatif untuk diterapkan di Kabupaten Ngawi. Diantaranya bagaimana membangun sinergi maupun partisipasi dari semua potensi di Kabupaten Trenggalek, termasuk melibatkan peran masyarakat dalam percepatan penanganan masalah kemiskinan. Meskipun bisa diaplikasikan di Kabupaten Ngawi, namun Wabup Dwi Rianto menekankan bahwa harus ada kekhasan dari program tersebut. Menurutnya, kekhasan tersebut berkaitan dengan bagiamana kultur masyarakat hingga tingkat partispasi yang harus dikembangkan.


Selepas acara di Smart Center, rombongan kemudian menuju Dinas Sosial P3A guna mempelajari secara langsung pelayanan Posko GERTAK. Rombongan juga kemudian mengunjungi Galeri Gemilang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *